Kamis, 08 September 2011

Persiapan Hadapi Ujian

Ujian Akhir Nasional maupun ujian sekolah sudah hampir tiba dan saatnya untuk mulai mempersiapkan diri.Ujian seringkali dianggap menakutkan bagi para pelajar.Tetapi jika ditelaah lebih lanjut, yang lebih menakutkan lagi bagi pelajar bukan pada saat menghadapi ujian itu, tetapi Gagal dalam ujian. Akan lebih menyakitkan lagi jika kegagalan ini disebabkan oleh hal sepele,dan hal-hal kecil lainnya.
Sesungguhnya hal-hal seperti ini tidak perlu ditakuti selama kita melakukan persiapan.Beberapa tip berikut dapat diikuti dalam melakukan persiapan ujian :
Pesiapkan Fisik
Ujian membutuhkan konentrasi prima dan akan menguras energi.Jagalah kondisi fisik agar tetap prima dengan mengkonsumsi makanan yang kaya protein dan gizi serta melakukan olah raga secara teratur untuk menjaga agar tubuh tetap bugar.
Persiapkan Mental
Jaga emosi agar tetap tenang dan jauhkan dari perasaan tegang,cemas,khawatir,serta perasaan takut gagal.Sebab jika tidak mampu mengendalikan, maka akan menyebabkan gangguan sistem memori yang ada,sehingga membuat orang menjadi lupa apa yang telah dipelajari karena ketidakmampuan mengendalikan diri dari perasaan tadi.Berdoa salah satunya akan memberi ketenangan batin kita.
Review Pelajaran
Lakukan review pelajaran jauh-jauh hari sebelum ujian, persiapan yang dilakukan singkat akan memberikan hasil yang kurang memuaskan.Bentuk kelompok belajar untuk membuat kita lebih beremangat dan adanya kawan berlatih.
Hindari “Faktor X”
Kadang ada beberapa hal sepele yang menjadi penyebab kegagalan. Hal sepele yang disebut “Faktor X” , karena sifatnya yang tak terduga. Berdasarkan pengalaman, hal-hal sepele itu adalah sebagai berikut.
Peralatan Ujian
Persiapkan ujian sesuai jenis ujian. Peralatan ujian yang umum dibawa adalah
pensil 2B,rautan,penghapus,dan penggaris khusus LJK.Lebih baik jika kita menyediakan pensil lebih dari satu
Periksa Kelengkapan Ujian
Kelengkapan ujian meliputi barang-barang atau benda yang kita butuhkan pada saat ujian berlangsung, seperti kartu tanda peserta ujian,sapu tangan untuk yang mudah berkeringat,dan jam tangan untuk mengontrol waktu.Jangan lupa membawa alas untuk menulis berfungsi menjaga agar lembar jawaban tetap rapi, karena permukaan tidak rata dapat merusak kertas lembar jawaban.
Datang tepat waktu
Rencanakan perjalanan ke tempat ujian dengan baik agar dapat tiba di tempat ujian paling tidak 15 menit sebelum ujian, karena waktu ini dapat dipakai untuk istirahat sejenak dan mempersiapkan diri.
Baca perintah ujian dengan teliti
Cermatilah perintah soal disetiap mata pelajaran yang diujikan.Pastikan kita telah membaca dan mengerti instruksi yang ada.
Seleski Soal dan Bekerja dengan Skala Prioritas
Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu dilanjutkan dengan prioritas berikutnya.Jangan terpaku pada satu soal karena dapat menghabiskan waktu yang ada.
Bila ada waktu periksa kembali jawaban
Hal ini dimaksudkan untuk memastikan semua soal telah terjawab, dan jawaban yang dipilih di lembar jawaban yang benar.Serta pastikan lembar jawaban tetap bersih.
Jangan lupa DUIT
Setelah mempesiapkan segala hal untuk ujian, jangan lupa duitnya.Yang dimaksud duit disini bukan uang yang biasa untuk membeli makanan atau hal lain.Melainkan memiliki arti :
Doa
Usaha
Ikhtiar
Tawakal
Diharapkan setelah membaca tips dalam mempersiapkan ujian diatas, kita mulai memerhatikan hal tersebut untuk mencapai sukses dan lulus dalam menghadapi ujian mendatang.Hal yang harus kita lakukan adalah selalu berbakti kepada orang tua agar mendapat ridha dari Tuhan YME.
 
Life is never ending struggle
So, you must study hard every time
 
Gambar diambil dari : www. wartaonline.com
Dibuat:
Pegi Fatma Okneta Siswa SMP N 2 Klaten Kelas 9E

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger | Printable Coupons