Sabtu, 30 April 2011

Kegiatan Ekstrakurikuler SMP N 2 Klaten

Kegiatan Ekstrakurikuler SMP N 2 Klaten


Kegiatan ekstrakulikuler adalah kegiatan tambahan yang biasanya dilakukan setelah jam sekolah. Dalam kesempatan kali ini aku akan menceritakan tentang kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolahku yaitu SMP N 2 Klaten. Sekolahku mempunyai kegiatan eksrakulikuler yang tergolong cukup banyak. Antara lain : PMR, PKS, KIR, Seni Musik(Nyanyi, Bermain Musik), Seni Rupa(Melukis), Basket, Pramuka, PBB, dan Marching Band.
Aku akan membicarakan itu satu persatu, tetapi yang akan kubicarakan hanya ekstra yang menurutku cukup besar saja. Kalau semuanya bisa pegel nih,, hehe :p
  1. PMR
PMR yang merupakan singkatan dari Palang Merah Remaja ini adalah kegiatan ekstra yang bergerak dalam bidang kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Senin. Kegiatan-kegiatan yang diajarkan bagi siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini meliputi, cara memberikan pertolongan pertama untuk siswa yang sakit, cara membalut luka, dll. Dengan demikian diharapkan para anggota PMR memperoleh bekal ilmu khususnya dalam bidang kesehatan. Tugas-tugas yang harus dilakukan oleh para anggota PMR adalah mengobati siswa-siswi yang sakit, khususnya ketika upacara bendera.
Prestasi PMR SMP N 2 Klaten cukup membanggakan. Dalam beberapa event penting, PMR SMP N 2 Klaten menjadi juara.
  1. PKS
PKS yang merupakan singkatan dari Patroli Keamanan Sekolah ini adalah kegiatan ektra yang bergerak dalam bidang keamanan. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Senin, hampir bersamaan dengan kegiatan PMR. Tetapi dua kegiatan tersebut dilaksanakan di dua tempat yang berbeda. Kegiatan-kegiatan yang diajarkan bagi siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini meliputi, belajar tentang simbol-simbol gerakan tangan maupun suara peluit yang biasanya digunakan untuk mengatur lalu lintas, kegiatan baris berbaris, dll. Tugas-tugas yang harus dilakukan oleh para anggota PKS adalah menyeberangkan siswa-siswi terutama pada hari Senin, mengatur lalu lintas di depan sekolah, dll.Uniknya lagi, pada saat bertugas para anggota PKS memakai peerlengkapan yang mirip dengan polisi. Selain itu, prestasi PKS SMP N 2 Klaten pun cukup membanggakan.
  1. BASKET
Basket adalah kegiatan ekstra yang bergerak dalam bidang olahraga.Kegiatan ini dilaksanakan setipa hari Kamis. Kegiatan-kegiatan yang diajarkan bagi siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini meliputi cara shooting, lay up, trik-trik dalam bermain basket, dll. Prestasi tim basket SMP N 2 Klaten juga cukup membanggakan. Dalam sebuah event yang belum lama ini, tim inti basket SMP N 2 Klaten berhasil meraih juara 2
se-kabupaten Klaten.
4. PRAMUKA
Pramuka merupakan satu-satunya kegiatan ekstra yang diwajibkan untuk siswa, terutama untuk siswa kelas 7. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jumat. Kegiatan-kegiatan yang diajarkan bagi siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini meliputi cara mendirikan tenda, cara membuat tandu dari tongkat pramuka, belajar tentang tali-temali, cara membuat kaki tiga, dan masih banyak lagi.
5. PASKIBRA

PBB yang merupakan singkatan dari Pasukan Kibar Bendera ini adalah kegiatan ekstra yang bergerak dalam bidang baris-berbaris. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sbtu. Kegiatan-kegiatan yang diajarkan bagi siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ini meliputi cara baris berbaris. Tugas-tugas yang dilakukan oleh para anggota PBB adalah menjadi petugas inti untuk upacara pada hari-hari besar dan menyiapkan siswa-siswi terutama adik-adik kelas untuk menjadi petugas untuk upacara harian. Prestasi PBB SMP N 2 Klaten juga cukup membanggakan. Dalam suatu event yang belum lama ini, tim inti PBB SMP N 2 Klaten berhasil mempertahankan juara I.

Oleh : Niko Rizky Amana Siswa Kelas SMP N 2 Klaten Kelas 9D 2010

2 komentar:

tatatta mengatakan...

tapi basket espero th 2011 tidak terlalu membanggakan

Andika Satria Perwira mengatakan...

basket mana ada yg ada cuma voli,coba ada basket aku sih ikut

Posting Komentar

 
Powered by Blogger | Printable Coupons