Senin, 05 September 2011

SUPERVISI, MONITORING DAN EVALUASI

     SUPERVISI, MONITORING DAN EVALUASI
     1.  Tujuan Supervisi, Monitoring dan Evaluasi.
Monitoring bertujuan untuk memantau kesesuaian rencana program sekolah dengan pelaksanaanya, serta mengetahui hambatan-hambatan yang ditemukan serta cara mengatasinya.
Evaluasi bertujuan untuk mengetahui ketercapaian sasaran program sekolah yang diharapkan.

     2.  Komponen Utama Monitoring dan Evaluasi
          1) Prestasi Sekolah dan Lulusan.
              a.  Aspek Kesiswaan : Kondisi siswa dan prestasi siswa
              b.  Aspek Tenaga Kependidikan : Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan.
              c.  Aspek Prestasi Sekolah
          2) Kurikulum
              a.  Aspek pengembangan kurikulum
              b.  Aspek pemetaan SK, KD
              c.  Aspek Tim Pengembang Kurikulum
          3) Proses Belajar Mengajar.
   a.   Aspek Persiapan pembelajaran
   b.   Aspek Persyaratan pembelajaran
                c.    Aspek Pelaksanaan pembelajaran
                d.    Pelaksanaan penilaian pembelajaran
          4) Tenaga Pendidikan dan Kependidikan.
              a.  Kepala Sekolah
              b.  Guru dan Guru BK
              c.  Tenaga Pendukung : Pustakawan, laboran,  teknisi komputer, Ka TU, Tenaga Administrasi.
          5) Fasilitas
              a.  Fasilitas umum
              b.  Perpustakaan
              c.  Laboratorium dan ruang multimedia
              d.  Kantin
              e.  Auditorium
              f.   Sarana Olah Raga
              g.  Penunjang Administrasi
              h. Toilet
              i.   Tempat rekreasi
               j.   Tempat ibadah
          6) Manajemen
              a.  Pengembangan manajemen
              b.  Kepemimpinan
          7) Pembiayaan
              a.  Pembiayaan
              b.  Kultur Sekolah
          8) Penilaian
              a.  Program Penilaian
              b.  Pelaksanaan Penilaian
              c.  Standar Penilaian
          9) Lingkungan Sekolah
              a.  Kebersihan
              b.  Taman Sekolah

3.  Pelaksana Monitoring dan Evaluasi
     1) Internal :
          a.  Kepala Sekolah
          b.  Tim Monitoring dan Evaluasi
     2) Eksternal
          a.  Komite Sekolah
          b.  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten
          c.  Bawasda
          d.  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi
          e.  Direktorat Pembinaan SMP
          f.   BPKP, BPK, Irjen Depdiknas

4.  Waktu Pelaksanaan
     1) Monitoring
          a.  Internal : setiap 2 bulan sekali
          b.  Eksternal : sesuai jadwal monitoring

     2) Evaluasi
          a.  Internal : dilakukan setiap 6 bulan
          b.  Eksternal : sesuai jadwal evaluasi

5.  Sumber Data
     1) Dokumen Sekolah
     2) Kepala Sekolah
     3) Guru, siswa, tenaga pendukung
     4) Komite Sekolah

6.  Metode Pegumpulan Data
     1) Dokumen
     2) Wawancara
     3) Observasi

7.  Rincian Kegiatan
     1) Pembentukan Tim Monitoring dan Evaluasi Sekolah
     2) Penyusunan jadwal pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi
     3) Penyusunan instrumen monitoring dan evaluasi
     4) Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi
     5) Analisis Hasil Monitoring dan Evaluasi
     6) Pelaporan
     7) Tindak Lanjut

JADWAL MONITORING


NO
TAHUN KE
KEGIATAN
BULAN
7
8
9
10
11
12
1
2
3
4
5
6
1
1
Monitoring














Evaluasi












2
2
Monitoring














Evaluasi












3
3
Monitoring














Evaluasi












4
4
Monitoring














Evaluasi












5
5
Monitoring














Evaluasi












1 komentar:

Siman Nurhadi mengatakan...

Tank's yaaa... Artikelnya.....! Kalau boleh dilanjutkan teus yaa isinya...!

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger | Printable Coupons