Selasa, 06 September 2011

Perlukah Siswa Masuk Bimbingan Belajar

Latar belakang siswa pelajar masuk ke bimbingan belajar karena ada beberapa faktor, yaitu saat diterangkan tentang pelajaran oleh bapak atau ibu guru, siswa tersebut mengalami kesulitan untuk menangkap / memahami pelajaran tersebut dengan baik karena ada beberapa hal yang menyebabkan siswa tersebut tidak memahami pelajaran tersebut baik faktor intern maupun faktor ekstern.
          Faktor intern yaitu faktor yang timbul dari diri sendiri. Contoh faktor intern yaitu malas, tidak percaya diri. Faktor ekstern yaitu faktor yang timbul dari lingkungan sekitar atau dari luar diri sendiri dll. Contoh faktor ekstern yaitu diajak bicara teman, tempatnya panas dan suasana dalam kelas gaduh, tidak suka dengan gurunya, tidak suka dengan mata pelajarannya, dll.
          Perlukah siswa masuk bimbingan belajar? Sebenarnya jika siswa tersebut rajin belajar dan banyak membaca buku serta sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu,pasti siswa tersebut tidak perlu masuk bimbingan belajar, salah satu contoh bimbingan belajar yaitu : Neutron, Primagama, Ganesha operation, Columbia English Course, Gama Sudy Center, dll. Saat kita les di bimbingan belajar, penjelasan bapak ibu guru pengajar bimbel hanya menerangkan peringkasan dari beberapa buku yang berbeda dan menggunakan beberapa cara penyerderhanaan rumus agar mempermudah dalam menjawab suatu pertanyaan dan  pelajaran di bimbel terasa mudah sehingga banyak siswa yang les di bimbel tersebut, sehingga apabila siswa tersebut banyak membaca buku dan bersungguh-sungguh pasti banyak ilmu yang didapat.
Jadi, apabila kita belajar dengan giat dan sungguh-sungguh pasti hasil yang didapat memuaskan dan tidak perlu ke bimbingan belajar karena dengan belajar giat dan sungguh-sungguh  ilmu yang didapat sudah seperti kalau kita les di bimbingan belajar.
 
Gambar diambil dari : http://www.iklanbook.com/adpics/4d207fe1db99159ca068eeb0e.png
Opini dari :  Wahyu Dwi Nugroho Kelas 9E

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger | Printable Coupons