Selasa, 13 September 2011

Komputer di Sekolah




Pada era pendidikan yang sudah modern ini banyak kita temui penggunaan komputer di sekoah-sekolah RSBI maupun SBI, yang mewajibkan setiap ruang kelas memiliki minimal satu buah komputer guna menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut, dikarenakan demikian banyak guru-guru yang mengunakan komputer di dalam kelas untuk mengajar. Tetapi penggunaan komputer di dalam kelas ini kurang efektif, memang benar penggunaan komputer ini membuat KBM lebih efisien dan praktis, tetapi sering kali siswa maupun siswinya merasa kurang jelas sehingga guru harus mengulangi keterangan yang disampaikan dalam pelajaran tadi.
            Banyak sekali kegunaan dari komputer yang dipakai di dalam ruang kelas tersebut, akan tetapi selayaknya manusia pasti banyak kekurangan maupun kelebihan dalam penggunaannya. Salah satu contoh negatif dari penggunaan komputer ini adalah siswa- siswi malah menyalah gunakan komputer ini dengan cara tidak menggunakan komputer ini untuk kegiatan belajar melainkan digunakan untuk bermain – main ataupun digunakan untuk membuka situs-situs yang selayaknya di buka oleh orang-orang yang sudah dewasa.
            Selain itu komputer juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang berasal dari pancaran radiasi yang berasal layar komputer maupun dari mesin-mesin komputer yang saling terhubung tersebut. Salah satu akibat dari radiasi komputer adalah dapat merusak mata karena sinar radiasi yang di pancarkan sangatlah tajam.
            Tetapi komputer tidak hanya memiliki kekurangan saja melainkan juga memiliki kelebihan-kelebihan yang sangat baik, bahkan sebagian orang sudah menganggap komputer adalah jelmaan dari manusia karena kemampuan yang dimiliki sudah hampir menyamai kemampuan manusia.
            Salaah satu keugulan dari komputer adalah komputer yang dapat mengerjakan apa saja mulai dari pekerjaan yang berbentuk dalam tulisan, gambar, suara, dan dapat dihubungkan satu dengan lainya melalui jaringan internet itulah berbagai macam keebihan dari komputer.
            Akan tetapi, apabila tersmbung ke dalam jaringan internet banyak yang menyalah gunakan layanan ini, padahal sejatinya pembuatan jaringan ini tidak kalah susahnya dengan pembuatan komputer itu sendiri tetapi disalah gunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang merugkan salah satu contohnya dalah cracker dan hacker yang tidak patut untuk dilakukan.
            Jadi, menurut saya penggunaan komputer dalam media penddidikan memang lah perlu untuk dilakukan karena sangat membantu sekali, tetapi perlu diperhatikan juga pengawasan untuk penggunaan komputer ini.
AKBAR NUGROHO 13/IX F

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger | Printable Coupons