Minggu, 11 September 2011

Etika Berkomunikasi Dalam Dunia Maya


Di dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal etika. Nah, di dalam dunia maya pun terdapat etika. Di bawah ini adalah etika dalam berkomunikasi dalam dunia maya :
1.  Jangan gunakan huruf kapital secara berlebihan
Karena huruf kapital bias diartikan sebagai tanda marah, emosi atau berteriak. Oleh karena itu, sebaiknya kita menggunakan huruf capital seperlunya saja.

2.  Jangan menggunakan kata-kata kasar
Karena kata-kata kasar adalah kata-kata yang tidak baik untuk baik ditulis maupun diucapkan. Selain itu, mungkin kata-kata kasar yang anda tulis bisa membuat orang lain emosi, marah atau bahkan orang tersebut membenci anda.

3.  Hal-hal yang bersifat pribadi, kritik & saran terhadap seseorang sebaiknya disampaikan dalam PM (Private Message)
Untuk menghindari kekecewaan/ketidaksenangan orang yang bersangkutan. Sebab jika disampaikan secara umum maka orang yang bersangkutan akan merasa tidak senang, kecewa bahkan emosi.

4.  Dilarang menghina :
  a. Agama
  b. Suku, Ras, Adat
  c. Status Sosial
  d. Hal lain yang berpotensi menimbulkan debat yang mengarah ke situasi yang   emosional
5. Jangan membuat status yang menghina orang lain
Karena status tersebut bisa menimbulkan masalah/perselisihan dengan orang yang kita hina. Orang tersebut mungkin membalas status kita dengan cara membuat status yang serupa namun bertujuan untuk menghina kita. Hal tersebut bisa memperpanjang masalah. Oleh karena itu, sebaiknya kita hindari perbuatan tersebut.

6. Gunakan bahasa sopan dan baik ketika sedang berkomentar maupun chatting
Sebab bahasa yang baik bisa menuntun kita ke jalan yang benar.

Pada intinya etika di atas bertujuan untuk menuntun kita ke jalan yang benar. Oleh karena itu, kita sebaiknya mentaati etika tersebut supaya kita berada pada jalan yang benar dan tidak terjerumus dalam dampak negatif dunia maya.
Jadi taatilah etika dalam menggunakan teknologi !

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger | Printable Coupons