Minggu, 07 Agustus 2011

Adilkah Jika HP Dilarang di Sekolah




Dizaman globalisasi ini teknologi sudah semakin canggih, apalagi dalam bidang komunikasi. Salah satunya adalah handphone. Handphone kini sudah menjadi alat komunikasi yang umum dan banyak digunakan dikalangan masyarakat. Nah, dalam artikel ini saya akan mengulas mengenai larangan handphone disekolah yang kini masih menjadi pro kontra di sekolah.

Ponsel sepertinya sudah menjadi kebutuhan primer kita semua dan tidak terkecuali pelajar-pelajar. Jadi, tidak usah heran kalau semua siswa dan siswi dalam satu sekolah telah menggunakan ponsel. Tapi terkadang para siswa menyalahgunakan handphone dengan sembarangan , sehingga banyak sekolah membuat larangan menggunakan ponsel saat proses belajar mengajar disekolah. Dengan adanya larangan itu, tidak menghentikan siswa membawa handphone dengan berbagai alasan. “Bagi siswa yang diantar jemput, handphone sangat perlu” begitu pedapat salah satu siswa. Walaupun pihak sekolah telah menyediakan wartel sekolah, mereka tetap saja tidak menggunakan karena biayannya yang cukup mahal.
Bila ditanya “Adilkah jika HP dilarang di sekolah ?” kebanyakan sisiwa berpendapat tidak adil. Tetapi ada juga beberapa siswa yang setuju adanya peraturan tersebut.  
Beberapa sekolah di Amerika Serikat telah memberlakukan hal ini. Diantaranya yaitu sebuah sekolah ternama di Amerika Serikat. Amerillo Independen School District (AISD) yang menerapkan peraturan ketat bagi siswa yang tertangkap basah menggunakan ponsel. Selain menyita, untuk mendapatkan kembali ponsel miliknya siswa harus membayar U$D 15 atau Rp. 150.000.
Kesimpulannya Bila kita dapat mengambil sisi positifnya, tidak ada ada ruginya mentaati peraturan ini. Sekolah kita jadi hampir sama dengan AISD . Jadi pertahankan peraturan ini, jangan sampai dilanggar.
Dea Kelas 9A


Dengan berkembangnya teknologi saat ini, HP menjadi salah satu benda favorite pelajar untuk mengakses informasi. Sekarang ini, HP mempunyai banyak fitur yang bisa dimanfaatkan. Tetapi, HP juga mempunyai beberapa dampak, baik dampak positif maupun negative.
Saya menganggap bahwa HP boleh saja dibawa ke sekolah, asalkan tidak digunakan pada jam-jam pelajaran. Tapi, sering kali ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab bermain HP pada jam-jam pelajaran. Hal ini terjadi karena oknum-oknum yang tidak brtanggung jawab tsb merasa bahwa guru yang mengajar kurang komunikatif. Sebenarnya hal yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab itu adalah penyebab timbulnya aturan bahwa HP dilarang di sekolah.
Tetapi, sering kali orang-orang yang lebih tua beranggapan bahwa HP hanya merusak generasi penerus bangsa. Menurut saya anggapan itu sangat salah, selain dampak negative ada juga dampak positif dari HP itu sendiri. Dampak negative yang di timbulkan HP cukup banyak, misalnya : Orang yang sering menggunakan HP kemungkinan akan merasa kecanduan yang artinya dimana ia berada pasti HP ada disampingnya. Sedangkan dampak positif dari HP adalah kita bisa menggunakannya untuk keperluan komunikasi dan juga untuk mendapatkan berbagai macam informasi yang bermanfaat.
Jadi, HP boleh saja dibawa di sekolah. Dan menurut saya tidak adil jika HP tidak boleh dibawa ke sekolah. Tetapi ini semua kembali ke individu masing-masing. Tinggal kita harus memilih menggunakan HP untuk hal yang bermanfaat atau sebaliknya.
 Indah Kelas 9A

Dengan smakin berkembangnya zaman , teknologi komunikasi pun jga ikut berkembang. Sekarang banyak anak TK dan SD yang mulai menggunakan HP disekolah. “Menurut saya”. Seharusnya HP digunakan pada saat jam pulang sekolah. Misalnya : digunakan untuk sms/telpon orang tua supaya dijemput, untuk mangantarkan buku yang ketinggalan dll. Akan tetapi banyak siswa yang menggunakannya pada saat jam pelajaran. Misalnya: untuk ngegame, sms, facebook, dll.
Selain ada dampak positifnya HP juga ada dampak negatifnya. Contohnya: dapat merusak konsentrasi siswa saat pelajaran, pada saat guru menerangkan ada banyak siswa yang asyk bemain hp sendiri sehingga pelajran yang diterangkan oleh guru tidak masuk. Ada juga siswa yang mengguakan HP pada saat ulangan /tes untuk bertanya dengan temannya melalui sms.
Dengan demikian pihak sekolah harus memberi penyuluhan kepada siswa agar tidak bermain HP pada saat jam pelajaran yang dapat merusak konsentrasi siswa. Peran  serta orang tua juga sangat di perlukan untuk menasihati anaknya agar tidak bermain HP pada saat jam pelajaran . itu semua tergantung diri kita masing-masing adilkah HP dilarang di sekolah.
Fery Kelas 9A

Di zaman ini, Hp bukan merupakan barang mewah. Hanya dengan uang 200rb kita dapat membeli HP dengan mudah. Jadi, bukan hal aneh jika sekarang banyak para pelajar yang dimanapun, kapanpun, dan bagaimanapun ditangannya pasti memegang HP. Termasuk aat berada di sekolah.
Dewasa ini, banyak sekolah-sekolah di Indonesia yang mempertentangkan tentang “bolehkah HP dibawa ke sekolah?”. Dalam pertentangan ini melibatkan 2 kubu, yaitu: kubu kepala sekolah dan kubu para siswa. Namun pada akhirnya, pasti kubu kepala sekolahlah yang akan menang.
Saya, sebagai salah satu siswa yang bersekolah di salah satu sekolah yang menerapkan larangan Hp di sekolah merasa adil, jika Hp dilarang di sekolah. Karena ternyata HP memang seharusnya dilarang, karena dampak negatife untuk pelajar sangat banyak. Jadi, saya sangat mendukung jika HP di larang di sekolah.

Putri Kelas 9A

                                                          
Handphone merupakan sarana komunikasi yang sangat canggih.  Semua orang mungkin sudah memiliki handphone bahkan siswa SD pun telah memiliki handphone. Apa diperbolehkan siswa SD membawa handphone ke sekolah ???? Banyak siswa SD maupun SLTP yang membawa handphonenya ke sekolah walaupun sudah ada larangan untuk membawa handphone. Peraturan tersebut tetap di langgar oleh siswa karena mereka mempunyai berbagai alasan untuk membawa handphonenya , dikarenakan sebagian siswa untuk berhubungan dengan orang tua bila ada keperluan yang mendadak.
Larangan untuk membawa handphone itu sebenarnya bagus tetapi ada kelemahannya. Apakah adil seorang siswa di larang membawa handphone ke sekolah ???? Jawabannya adil alasannya karena seorang siswa jika membawa handphone ke sekolah akan mengganggu berlangsungnya KBM seorang siswa akan asyik dengan handphonenya. Nah tidak adilnya karena siswa juga perlu berkomunikasi dengan orang tuanya saat pulang sekolah. Pihak sekolah harusnya menyediakan telephone umum yang bisa digunakan siswa untuk berkomunikasi dengan orang tuanya jika terjadi sesuatu.
Kesimpulannya siswa diperbolehkan membawa handphone dan memakainya pada saat pulang sekolah tetapi saat KBM berlangsung handphone harus dimatikan.

 Trias Kelas 9A       

Gambar diambil dari : http://1.bp.blogspot.com/_KOUqJ-q_pVY/TLG3yqPHEXI/AAAAAAAAAGI/88TkcQUfeWE/s400/dilarang+hp.jpg                                           

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Powered by Blogger | Printable Coupons